Rabu, 09 Juni 2010

Hetalia: Unlimited

Minna~
Saya pengen nangis gara-gara nonton video Hetalia: Unlimited. Tidak tahu mau berkomentar apa, video dengan durasi 2 menit 45 detik ini benar-benar telah membuat hati saya tergerak dan patut diacungi lebih dari dua jempol! Saya sama sekali tidak menyesal mendownload video dengan ukuran 47 MB ini selama dua jam, karena hasil akhirnya sungguh memuaskan!

Selama video diputar, saya bersusah-payah untuk menahan teriakan yang sengaja saya pendam agar adik-adik saya [dan saya sendiri] yang ikut menonton tidak merasa terganggu. Setelah video selesai, saya pun berteriak sekencang-kencangnya layaknya simpanse yang kehilangan anaknya *digampar*. Dan untung saja saat itu pintu kamar tertutup, kalau tidak Ummi saya pasti bakalan marah-marah karena mendengar teriakan saya yang membahana, sampai-sampai mayat-mayat di dalam kubur pun bangkit kembali. *digetok pakai panci*

Saya tidak sadar bahwa ternyata saya menangis di tengah teriakan saya, sebelum Ayyub, adik saya, menyeletuk, "Kak Nisa, kau nangis ya?" sambil memiringkan kepalanya, khawatir. Setelah beberapa detik menyadarkan diri, saya mencelos dalam hati, 'Hee... memalukan! Masa nangis di depan adik sendiri?! Ke mana perginya harga diriku yang tinggi bak langit ketujuh?!' *digiles tank* Oke, berlebihan, tetapi setidaknya itulah yang saya pikirkan.

Sangat menyentuh hati, sedih, dan mengharukan, namun berakhir dengan kebahagiaan. Itulah kesan saya terhadap video Hetalia: Unlimited, kontras sekali dengan cerita original Hetalia yang lucu dan penuh dengan unsur humor. Fan video yang satu ini benar-benar dapat membuat hati seorang psikopat gila [maksudnya saya] luluh seluluh-luluhnya hingga terluluhkan menjadi yang terluluh *dibacot*. Oke, ngelantur. Lanjut~

Terlalu banyak dari video ini yang membuat saya sedih, salah satunya adalah peristiwa historis yang "tersirat" di dalamnya [beberapa di antaranya diambil dari cerita orisinil Hetalia], ditambah dengan gambar dan background serta lagu yang mendukung jalannya cerita. Lagu yang dipakai adalah "Unlimited" oleh Aikawa Nanase, yang merupakan tema pembuka atau Opening dari Samurai 7.


Isi videonya saya ringkas di bawah ini:
Terlihat Ancient Rome dan Germania berdiri saling membelakangi. Adegan itu pun berlalu, kemudian muncullah North Italy yang berwajah sedih berdiri memandangi matahari terbenam. Bendera putih yang dibawanya berkibar tertiup oleh angin, melukiskan tiga kejadian dalam bentuk flash:
  1. Switzerland dan Liechtenstein meringkuk, mengenakan seragam militer yang sama.
  2. Poland dan Lithuania, terlihat kotor seperti habis berperang [menyiratkan peristiwa Battle of Grunwald].
  3. Russia, berdiri di tengah hamparan salju sambil membawa senapan [menyiratkan peristiwa The Bloody Sunday 1905].
North Italy, Japan, dan Germany berdiri di tengah medan pertempuran. Kamera pun beralih ke langit senja, menampilkan judul, "Axis Powers Hetalia: Unlimited". Screen berpindah, terlihat America sedang berjalan melewati kerumunan sedangkan England duduk sambil membaca selembar berkas di tangannya. Tampak France, China, dan Canada setelah itu.

Tiga anggota Axis yang mengalami kekalahan terus berdiri di medan perang. North Italy menunduk ke bawah melihat tangannya yang kotor. Scene berpindah pada Japan, yang sedang berdiri memandangi langit di tengah reruntuhan kota yang terkena bom atom [menyiratkan peristiwa dibomnya Hiroshima dan Nagasaki, yang menyebabkan Japan menyerah tanpa syarat pada Sekutu]. Tampak background transparan yang memperlihatkan Japan berlari ketakutan dan terjatuh. Cahaya putih mengelilingi Japan, sementara matanya memerah.

Tembakan meletus. Scene berlanjut pada peristiwa duka lainnya: Germany dan Prussia berdiri di tengah pertempuran. Prussia menggumamkan sesuatu, kemudian bergerak maju dan menghilang. Germany berdiri sendiri dengan menggenggam Iron Cross milik kakaknya, Prussia, yang telah menghilang untuk selamanya [menyiratkan peristiwa pembubaran negara Prussia]. Serangkaian gambar pun bermunculan:
  1. Prussia kecil mengayunkan pedangnya.
  2. Switzerland mengacungkan tangannya ke depan.
  3. Liechtenstein terbaring lemah di sebuah gang yang sunyi.
  4. Turkey menyerang.
  5. France muda, diikuti oleh scene lain antara dia dan Holy Roman Empire.
  6. China berlari ketakutan, tampak Japan mencabut katana miliknya dan bersiap-siap menikam China [menyiratkan peristiwa yang melatarbelakangi The First Sino-Japanese War].
  7. Hong Kong bertarung.
  8. Terlihat South Korea dan Taiwan yang berwajah sedih, kemudian Taiwan menangis seorang diri.
  9. Hungary berteriak.
Gambar berikutnya adalah America dan England dalam peperangan [menyiratkan peristiwa The Revolutionary War]. England berlutut di depan adik asuhnya, America, dan tak kuasa menahan tangis, disaksikan oleh para prajurit di belakang mereka. Kenangan masa lalu pun bermunculan. Scene beralih ke medan perang, terlihat masing-masing karakter tertukar satu sama lainnya dengan sangat cepat, mulai dari:
  1. Netherlands, dalam bentuk bayangan.
  2. Belgium, menyerang dengan pedang.
  3. Shinatty-Chan, menyerang dengan pedang.
  4. Sealand, menyerang dengan pedang.
  5. Seychelles, menyerang dengan ikan-pedang.
  6. South Korea, menyerang dengan pedang.
  7. Cuba, membawa senapan.
  8. Greece, menggunakan salib sebagai senjata.
  9. Egypt, menyerang dengan tombak.
  10. Latvia, membawa senapan.
  11. Estonia, membawa senapan.
  12. Austria, membawa senapan.
  13. Hungary, menyerang dengan penggorengan.
  14. Spain, dengan garpu-rumput.
  15. South Italy, dengan sabit.
  16. Russia, dengan selang keran air miliknya.
  17. France, dengan pedang.
  18. China, dengan benda aneh, seperti sebuah pedang.
  19. England, dengan pedang.
  20. America, dengan pedangnya membelah latar depan, efek berkelanjutan pada karakter berikutnya.
  21. Japan
  22. Germany
  23. North Italy
Para Axis berbaris, diikuti penghormatan oleh Germany, berikutnya tampak Japan dengan seragam militer World War I, lalu North Italy yang tersenyum senang.

Austria dan Switzerland kecil muncul, lalu Russia berdiri dilatarbelakangi oleh kedua saudarinya (Ukraine dan Belarus), kemudian muncul kelompok Nordic (Denmark, Norway, Iceland, Finland, dan Sweden), kelompok Baltic Nations (Estonia, Latvia dan Lithuania), setelah itu muncullah Tukey, Gree, dan Seychelles.

Scene kembali beralih, America kecil melompat ke arah England dan digendong olehnya. Lalu muncullah shot-split dari kedelapan tokoh utama, yaitu anggota Axis dan Allied, dengan judul "Unlimited". Setelah itu terlihat mereka berdelapan berdiri dengan memakai seragam hitam, dan kemudian berubah warna menjadi seragam mereka yang sekarang.

Scene terakhir, North Italy yang merasa senang membuka kedua matanya, menengadah ke langit yang cerah.

Setelah ucapan terima kasih dari si pencipta video, ChibItaly muncul sebagai penutup.


Saya mengetahui keberadaan video ini setelah melihat animasi GIF milik salah seorang user di Deviantart. Ia memberitahukan bahwa animasi GIF tersebut merupakan screenshots dari Hetalia: Unlimited. Karena penasaran, saya tanya deh ke Om Google. Pertama, saya mendapatkan URL dari Youtube. Namun kemalangan menimpa saya, ternyata video tersebut telah diremove oleh pihak Youtube karena masalah copyright issues. Tapi tak apa, user itu memberitahukan sebuah jalan pintas dengan mengetikkan situs tempat mendownloadnya. Dan setelah di-klik, BLAAAAAAAAANDD~ tinggal menunggu waktu saja! *ditendang*


Yang patut dikagumi adalah bahwa video itu merupakan fan video atau "MAD", yang berarti video tersebut bukanlah ciptaan dari perusahaan animasi, melainkan buah karya yang spesial dari seorang/para fan(s). Fan(s) yang menciptakan karya dari sebuah fandom disebut sebagai fanartist, dan karyanya disebut fanart. Nah, yang membuat video Hetalia: Unlimited ini ialah fanartist JUGEM [bukan DUGEM! *dikeroyok massa*].

Jika ada yang berminat, silakan download di sini:

Yosh~ 1 komentar telah masuk~:

conioca berceloteh ria...

Uh, well. Saya kesasar dari Google sampai ke blog asing ini... :) *btw, saya suka display blog-nya XD*

Saya sudah nonton (err... download) video ini sebelum saya kesasar ke seorang diri di blog ini (saya nggak sengaja nemu di 4shared waktu itu #gadayangnanya). Dan, WOW! Terlalu keren untuk ukuran MAD~~~ X3

Hahahaha... Saya heran, dirimu (yang punya blog ini maksudnya :3) bisa secara detil melihat bagian karakter yang waktu itu dengan posisi menyeang yang tertukar dengan sangat cepat (bahkan terlalu cepat hingga saya nggak sempat lihat kalau di situ ada duapuluh-an karakter *saya kiri awalnya cuma Axis-Allies aja*)

Dan video itu (Hetalia:Unlimited) memang luar biasa keren. JUGEM itu keren juga bisa bikin MAD sebagus ini... Saya bahkan nggak percaya kalau ini MAD yang cuma dibikin sama fanartist (mm... sampai saya baca postingan ini, saya kira).

Ah, btw, salam kenal! :)
Conita-desu, pengunjung yang (percaya tidak percaya) terdampar ke blog ini karena Google jii-san. Hehehe... Nice post! d^o^b

Comment, please...?